Struktur Kejadian

Kitab Kejadian mengukur tokoh-tokoh bukan hanya oleh hidupnya sendiri tetapi juga oleh riwayat keturunannya. Kata toledot (“keturunan” atau “riwayat”) berasal dari kata yld, melahirkan / memperanakkan. Misalnya, istilah “keturunan Terah” (11:27) mengantarkan riwayat Abraham (pp.12-25), “keturunan Ishak” (25:19) mengantarkan riwayat Yakub dan Esau (pp.25-36), dan “keturunan Yakub” (37:2) mengantarkan riwayat Yusuf (pp.37-50). 

Dengan demikian Kej 2:4 “toledot langit dan bumi” merujuk pada riwayat manusia pada pp.2-4, beberapa cerita yang menentukan keadaan manusia di bumi yang diciptakan pada p.1. 

Pada Kej 5:1 “toledot Adam” mengantarkan beberapa tokoh (seperti Henokh yang hidup bergaul dengan Allah 5:22-24) sampai dengan Nuh. Ringkasan informasi tentang Nuh terdapat pada 5:29, 32 dan 9:28-29. Dalam 9:28 air bah (yang diceritakan mulai 6:9 dengan rumusan toledot sendiri) menjadi titik balik dalam kehidupan Nuh. 

P.10 menyusul dengan toledot anak-anak Nuh yang menjadi bangsa-bangsa “setelah air bah itu” (10:1, 32). Kisah menara Babel memberi alasan untuk berpencarnya bangsa-bangsa yang disebut dalam 10:32. Semua itu persiapan untuk toledot Sem (11:10-26) yang bermuara pada toledot Terah tadi. Begitulah Abraham digabungkan dengan Adam, dan janji berkat pada 12:1-3 mencolok sebagi kontras terhadap toledot Adam, Nuh dan bangsa-bangsa yang begitu mengandung kutuk.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Kejadian dan tag , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Struktur Kejadian

  1. Ping balik: Kej 6:1-8 Allah yang kecewa « To Mentiruran

  2. Ping balik: Kej 33:1-20 Melihat wajah Allah di dalam Saudara « To Mentiruran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s