Kej 33:1-20 Melihat wajah Allah di dalam Saudara

Perjumpaan kembali Yakub dengan Esau terasa sebagai ancaman besar oleh Yakub (lihat semua persiapannya dalam p.32). Namun, untuk pertama kalinya dia berdoa kepada Allah dan mengandalkan janji-Nya (32: 9-12), dan Allah berjumpa sampai Yakub membuktikan bahwa dia minta berkat Allah di atas berkat yang lain (32: 26).

Di luar dugaan doa itu dikabulkan. Bagi Yakub penerimaan Esau “serasa melihat wajah Allah”. Yakub memang baru melihat wajah Allah (32:30), adakah hubungan antara kedua pengalaman ini? Yesus sepertinya menggunakan gambaran Esau berlari mendapatkan Yakub dalam perumpamaan-Nya tentang anak yang hilang. Bukannya Esau adalah Allah, tetapi pendamaian vertikal dan horisontal terkait erat.

Dalam struktur Kejadian, pasal ini adalah puncak kisah antara Yakub dan Esau. Kisah Abraham, Yakub dan Yusuf bermaksud antara lain untuk menggambarkan hidup beriman dalam kehidupan sehari-hari. Di sini, Esau–walaupun di luar garis perjanjian–menjadi saluran berkat Allah bagi Yakub. Berkat itu dialami seiring Yakub mulai rendah hati di hadapan Allah dan manusia.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Kejadian dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s