Kisah Keturunan Ishak

Kisah ini mulai pada Kej 25:19 (dengan rumusan toledot) dan berakhir dengan kematian Ishak pada Kej 35:29 (yang langsung disusul oleh toledot Esau (36:1]) kemudian toledot Yakub (37:2)). Temanya kelangsungan janji Allah kepada keturunan Abraham (25:19). Hal itu terancam pertama-tama oleh kemandulan Ribka (25:21), tetapi yang menggerakkan kisah ini adalah pertentangan sejak sekandung antara kedua kembar yang diberikan kepada Ribka (25:22). Sampai 28:9 pertentangan itu diceritakan dengan Yakub memanipulasi Esau dan ayahnya untuk mendapatkan berkat ayahnya. Bagian kedua kisah ini, pp.29-32, menceritakan “pembuangan” Yakub, di luar tanah perjanjian. Dia mulai belajar berdamai dengan Laban, tetapi pertentangan yang jauh lebih berat dengan Esau belum dihadapi. Dalam bagian ketiga, pp.33-35, dia berdamai dengan Esau kemudian mengatasi ancaman terakhir, yaitu melebur dengan atau dimusnahkan oleh orang Sikhem (p.34) dengan berpindah ke Betel. Akhirnya dia kembali kepada Ishak di Hebron, dan Yakub dan Esau bersama-sama menguburkan dia.

Disisipkan antara ketiga bagian itu adalah perjumpaan Yakub dengan Allah. Dalam 28:10-22 Allah meneguhkan janji-Nya dan Yakub bernazar. Namun, bagian berikut menunjukkan bahwa Yakub belum belajar hidup beriman. Dalam 32:22-32 Yakub bergumul dengan Allah–seperti sebenarnya dia selalu bergumul dengan manusia dan Allah (32:28)–dan dia mengalami perubahan. Antara lain, dia menjadi mampu berdamai.

Dalam kisah ini ada banyak lapisan. Kita melihat hidup berkeluarga yang rusak, mulai dari orang tua yang pilih kasih sampai anak-anak yang menyukai kekerasan. Kita juga melihat perkembangan dalam karakter Yakub (dan juga dalam Esau), yang intinya adalah lebih mengenal Allah. Yang terdalam adalah janji Allah. Kisah ini adalah toledot–kisah keturunan–Ishak karena pokok utama adalah bagaimana janji Allah kepada Ishak berlaku dalam keturunannya. Intinya Allah. Jika hal itu disadari, maka setiap perikop dalam bagian ini dapat diberitakan dengan cara yang membangun iman, karena di balik seluk-beluk Yakub dsb yang sama lemahnya dengan kita ada rencana Allah (yang bermuara dalam Kristus) untuk diimani.

Pos ini dipublikasikan di Kejadian dan tag , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Kisah Keturunan Ishak

  1. Ping balik: Kej 28:10-22 « To Mentiruran

  2. Ping balik: Kej 29:15-30 Awal cerita Yakub dan Laban « To Mentiruran

  3. thesa berkata:

    kisah ishak dan esau intinya adalah orang tua jangan pilih kasih dalam mengasuh anak2nya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s