Yoh 19:28-37 Penebusan

Dalam Yoh 10:18 Yesus mengatakan bahwa Dia berkuasa memberikan nyawa-Nya. Hal itu dibuktikan selama pengadilan-Nya, di mana justru Yesus yang mengendalikan keadaan dan Pilatus yang terdesak. Yoh 19:28-30 menunjukkan hal yang sama pada saat kematian-Nya. Dia telah menyelesaikan segala yang diperintahkan Ayah-Nya.

Apa yang selesai? Tiadanya tulang yang patah cocok dengan Yesus sebagai anak domba Paskah (Kel 12:46; Bil 9:12), sesuai dengan seruan Yohanes Pembaptis (Yoh 1:29). Yesus telah menyelesaikan penebusan. Kemudian, ditikamnya lambung-Nya merujuk pada Zak 12:10. Zak 9-14 berbicara tentang pendirian Kerajaan Allah, dan 12:10-14 menyangkut pembaruan hati Israel yang bermuara pada “sumber bagi keluarga Daud dan bagi penduduk Yerusalem untuk membasuh dosa dan kecemaran” (13:1). Yesus dalam kematian-Nya menjadi sumber itu.

Bahan seperti ini termuat dalam Alkitab bukan supaya kita melakukannya melainkan supaya kita mengandalkannya. Misalnya, apakah kita mengasihani Yesus yang menderita, atau kagum atas kasih Allah yang dengan terencana dan sengaja dinyatakan di dalam-Nya? Apakah setelah ditebus oleh Yesus kita akan mengandalkan perbuatan kita sendiri?

Pos ini dipublikasikan di Yohanes dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s