Kej 1:26-27

Penciptaan manusia ditandai sebagai puncak penciptaan dunia dengan Allah merenung sebelum menciptakan (“mari Kita…”). Manusia diciptakan dengan fungsi yang lebih rumit dari ciptaan yang lain. Yang lain berada, bertumbuh, bergerak, paling berfungsi untuk menandai masa. Tetapi manusia berkuasa atas semua jenis binatang. Yang bertumbuh saja diberikan sebagai makanan (aa.29-31), dan yang lain-lain memungkinkan hidup. Sehingga setelah penciptaan manusia Allah baru menyatakan bahwa dunia amat baik (a.31).

Fungsi berkuasa itu yang paling cocok sebagai maksud langsung “gambar dan rupa” Allah. Fungsi itu mencakup usul-usul yang lain. Misalnya, tugas untuk berkuasa menyiratkan kemampuan untuk bernalar, berencana dsb. Tugas untuk berkuasa juga mempertajam bagaimana manusia berelasi dengan Allah–bukan sebagai mitra yang sederajat, tetapi sebagai hamba yang diberi wewenang yang mulia. Bagaimanapun juga, konsep kesegambaran menjadi dasar untuk martabat setiap manusia (tersurat di Kej 9:6 dan Yak 3:9), sekalipun gambar itu dicemari oleh dosa.

Tentu, martabat itu termasuk perempuan. Manusia menjadi gambar Allah sebagai laki-laki dan perempuan. Hal pertama di sini adalah sifat sosial manusia. “Mereka” berkuasa (a.26), bukan hanya satu orang. Hal kedua adalah pernikahan sebagai wadah untuk beranakcucu (a.28). Pelecehan perempuan baru masuk setelah kejatuhan ke dalam dosa ketika relasi laki-laki dan perempuan rusak (Kej 3:16).

Kejatuhan manusia ke dalam dosa juga merusak kuasanya (3:17-19), dan hanya Yesus Anak Manusia yang merintis pemulihannya (lihat Ibr 2:6-9dst yang merenungkan Mzm 8 yang merenungkan penciptaan manusia). Pemulihan itu dapat juga disebut pengudusan, bahkan pemuliaan (bnd. 2 Kor 3:18). Bagi saya itulah bagian yang seru dalam kabar baik Injil. Jangankan dosa kita diampunkan (itu sudah hebat), kerusakan dosa sedang dipulihkan. Jemaat dan persekutuan orang percaya (semestinya) adalah sentra pemulihan itu.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Kejadian dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s