Kis 15:35-41

Aduh! Paulus dan Barnabas baru berhasil menyatukan jemaat Yahudi di Yerusalem dengan jemaat-jemaat bangsa-bangsa (Kis 15:25). Kemudian mereka sendiri terpecah! Dan Lukas merekamnya!

Menarik untuk melihat kata Paulus dan Barnabas dalam konkordansi untuk pp.13-15. Barnabas tidak disebut tanpa Paulus, dan Paulus hampir tidak disebut tanpa Barnabas. Mereka sepertinya tak terpisahkan. Hal itu berarti bahwa perpisahan mereka pasti membawa duka. Namun, ada beberapa hal positif di dalamnya.

Yang pertama, Barnabas tidak menyerah saja terhadap pendapat Paulus. Lukas tidak mengangkat bahwa Markus adalah kemenakan (atau saudara sepupu) Barnabas (Kol 4:10), dan semestinya kita lebih melihat ke sifat Barnabas yang disebut penghibur / pendukung sejati (“anak penghiburan” Kis 4:36, kata παρακλησις berarti penghiburan, penguatan atau nasihat). Dia sudah mendukung Paulus (Kis 9:27) dan di sini mau mendukung Markus dengan dia diberi kesempatan kembali. Paulus lebih beranjak dari kebutuhan tugasnya. Masing-masing pendapat ada benarnya, tetapi secara praktis tidak dapat dipertemukan. Dalam kondisi begitu, mungkin berpisah adalah cara yang tepat.

Namun, mereka tetap bekerja sama dengan membagi tugas perkunjungan, Barnabas ke pulau Siprus (tempat asalnya 4:36) sementara Paulus ke tempat-tempat yang lain. Alhasil, ada dua tim yang masing-masing terdiri atas satu orang berpengalaman dan satu orang baru. Begitu Tuhan mendatangkan kebaikan bahkan dalam kelemahan kita. Baik Barnabas (1 Ko 9:6) dan Markus (2 Tim 4:11) masih diakui Paulus setelah peristiwa ini. Ini perselisihan yang terus terang dan tanpa mendendam.

Barnabas dan Markus tidak muncul kembali dalam cerita Lukas. Hal itu bukan karena dianggap salah oleh Lukas (Petrus juga tidak muncul setelah p.15 ini), tetapi karena alur cerita berfokus pada Paulus. Lukas mau berpamitan dengan Barnabas sebagai hamba Tuhan yang sejati, dan menunjukkan bahwa Tuhan lebih besar daripada kelemahan kita.

Pos ini dipublikasikan di Kisah Para Rasul dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s