3. Penebusan: Keluaran dari Mesir

Struktur Kitab Keluaran dapat dilihat sebagai suatu cerita yang mirip dengan cerita seluruh Alkitab. Kemiripan itu tidak kebetulan saja. Allah melakukan untuk Israel apa yang akan Dia lakukan untuk seluruh manusia dalam Kristus. Israel yang tertekan (pp.1-2) dibawa keluar dari tempat perbudakan (pp.3-18) untuk menjadi umat Allah (p.19) yang taat kepada hukum-Nya (pp.20-34) dan beribadah kepada-Nya (pp.35-40). Bnd. Kol 1:13-14 (penebusan dari dosa) dalam konteks doa Paulus dalam Kol 1:9-12 (yang berbicara tentang ketaatan dan syukur).

Cara menafsir seperti itu kadangkala disebut tipologi. Tipologi merupakan semacam alegori, tetapi dalam tipologi ada hubungan material antara simbolnya dengan apa yang disimbolkan dan kedua-duanya terletak dalam satu cerita besar. Jadi (soal hubungan material), Israel adalah bagian dari manusia, perbudakan adalah satu bentuk dosa, dan Allahlah yang berkarya dalam tulah-tulah dan juga dalam kematian dan kebangkitan Kristus. Itulah hubungan material. Tetapi lebih mendasar lagi (soal terletak dalam satu cerita), jemaat yang dibentuk oleh karya Kristus merupakan lanjutan dari Israel yang dibentuk oleh karya Allah di Keluaran. Israel dan jemaat terdapat dalam satu Kisah Agung.

Tipologi dalam Kisah Agung Alkitab menolong kita untuk memahami makna PL untuk kita dalam jemaat (umat PB). Misalnya, perhatikan kapan kesepuluh firman disampaikan kepada Israel. Kel 20 terdapat setelah Israel diselamatkan. Bukannya kesepuluh firman disampaikan kepada Israel ketika masih dalam perbudakan di Mesir sebagai prasyarat untuk Allah bertindak. Dengan demikian, ketaatan digambarkan sebagai respons terhadap anugerah Allah.

Satu simbol yang muncul dalam kitab Keluaran adalah Kemah Pertemuan yang dibentuk dalam pp.35-40. Hadirat Allah yang bebas dalam kitab Kejadian mulai teratur, terpusat (tetapi bukan terbatas) pada Kemah itu. Kemah itu tentu menjadi Bait Allah, dan Kristus mengambil alih semua fungsinya: penyataan, perantara doa, pendamaian.

Seri Pemahaman PL

Pos ini dipublikasikan di Seri Pemahaman PL. Tandai permalink.

Satu Balasan ke 3. Penebusan: Keluaran dari Mesir

  1. Ping balik: Seri pemahaman PL « To Mentiruran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s