Hexakosioihexekontahexafobia

Ada yang memberitahu saya kalau ada SMS yang beredar menuduh kartu AXIS sebagai milik gereja setan. Melihat di web (misalnya GSM AXIS | nomornya Kaisar Nero, Operator GSM baru (lagi): AXIS « Blog Archive « Etersoul Journey), ada kreatifitas besar dalam permainan kata. AXIS terbalik = Six-A (enam A) atau Siksa, ada angka 60 dsb. Dalam kehebohan seperti ini isu-isu disebarkan, seperti adanya berita tentang dua orang yang meninggal tanpa luka dsb. Selain banyak orang meninggal tanpa luka (jantung gagal ketika tidur, misalnya), sumber berita itu tidak jelas. Dari mana SMS itu? Ada yang bilang SMS itu berasal dari saingan, bahkan ada yang bilang bahwa SMS itu muslihat AXIS sendiri dengan alasan bahwa tarifnya disebarluaskan secara gratis!

Saya teringat akan seorang teman yang pernah dihebohkan oleh isu bar-code (kode pada barang di tokoh yang dapat dibaca secara elektronik) karena katanya kerangka bar-code itu 666. Ketakutan akan nomor 666 disebut Hexakosioihexekontahexaphobia. Misalnya, Ronald Reagan (mantan Presiden AS) pernah mengubah angka alamatnya yang bernomor 666. Mungkin kaum anti-AXIS sedang menderita gangguan mental ini. :) (Saya juga teringat akan suatu suku yang tidak usah disebut namanya yang beramai-ramai ke pasar membeli kacang hijau (kalau tidak salah) dengan harga mahal untuk mencegah SARS. Soalnya, ada yang terlalu gampang percaya.)

Angka 666 di Wahyu 13:18 kemungkinan besar merujuk pada Nero (lihat artikel ini). Dia adalah diktator kekaisaran Roma pada abad pertama yang makin lama makin gila, termasuk menganiaya kaum Kristiani. Dalam kitab Wahyu dia (serta pemerintahan Roma) menjadi contoh pemimpin-pemimpin yang menentang Kristus. Kehebohan soal sebuah kartu seluler menyepelekan sesuatu yang serius, yaitu adanya kejahatan (politis, ekonomis, spiritual) yang menentang Kerajaan Allah. Rasul Paulus menperingatkan Timotius tentang pengajar Hukum Taurat yang tidak mengerti apa yang mereka katakan (1 Tim 1:7). Mempersoalkan munculnya angka 6 karena Wah 13:18 adalah contoh menyalahgunakan kitab Wahyu.

Nah, mungkin saya terlalu bereaksi, karena klaim SMSnya sepertinya bukan bahwa Iblis mengendalikan kartu AXIS langsung melainkan bahwa ada Gereja Setan yang demikian. Cuman, buktinya jika lembaga tersebut dapat dihubungkan dengan perusahaan tersebut, bukan bermain-main dengan angka. Permainan angka dan kata sangat lentur. Tahukah bahwa kata Gereja adalah satu angka setan? Kalau pakai tombol untuk membuat SMS, Gereja = 4+3+7+3+5+2 = 24 = 2+4 = 6. Kemudian, kalau kata gereja terbalik, maka huruf pertama adalah A yang kalau terbalik adalah tanduk, pertanda setan. Mengapa pakai tombol HP? Mengapa membalikkan kata gereja? Mengapa tidak! Seluruh permainan seperti ini sembarangan saja.

(Bagaimana kalau kata Toraja? Aslinya Toraya = 8+6+7+2+9+2 = 34 = 3 + 4 = 7, yaitu angka keutuhan / kesempurnaan…)

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Renungan dan tag , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Hexakosioihexekontahexafobia

  1. Abi Cute berkata:

    wah wah wah, Ambe’ pinter matematika ya…………………… hahahhahahhahaha. salam, Abi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s