Yoh 21:15-19 Kasih kepada Yesus

Kebangkitan Yesus membawa sukacita ganti dukacita yang dialami para murid ketika Dia disalibkan (Yoh 16:20). Tetapi kebangkitan-Nya tidak meniadakan pengkhianatan para murid terhadap-Nya, khususnya Petrus yang telah berjanji, “Aku akan memberikan nyawaku bagi-Mu!” (Yoh 13:37) tetapi menyangkal Yesus tiga kali. Di sini Yesus menunjukkan bagaimana pengampunan bisa berlaku bagi mereka setelah kematian dan kebangkitan-Nya.

Percakapan itu terjadi di sekitar api arang yang dipasang Yesus, sama dengan api arang yang di sekitarnya Petrus menyangkal Yesus (18:18). Yesus bertanya tiga kali kepada Petrus, seperti ketiga kali di halaman istana Imam Besar itu. Soal murid-murid mengasihi Yesus dibahas Yesus dalam percakapan-Nya dengan para murid sebelum Dia disalibkan. Dia mengaitkan kasih dengan ketaatan (Yoh 14:21-24). Bisa saja bahwa perkataan seperti “Barangsiapa tidak mengasihi Aku, ia tidak menuruti firman-Ku” membawa kesimpulan bahwa kalau tidak taat—seperti menyangkal Yesus—maka kasih itu habis atau tidak sah. Jadi, pertanyaan Yesus membawa pengampunan kepada Petrus serta membawa penafsiran bagi kita bahwa Yesus dalam Yoh 14 berbicara tentang arah hidup daripada sekali salah sudah habis.

Pengampunan Yesus juga mengandung pengutusan. Sebagai “Kefas” (batu karang), Petrus diutus untuk menjadi gembala perdana dalam kumpulan murid-murid Yesus. Tugasnya memberi makan domba-domba Yesus (bosko, aa.15, 17) dan juga menggembalakannya (a.16, LAI tidak membedakan kedua kata ini). Hal itu akan melibatkan penderitaan seperti Yesus sendiri (a.18-19). Tetapi kalau ada kasih kepada Yesus, harga seperti itu tidak terlalu mahal.

Sadar akan pengampunan Yesus, Petrus tidak lelah lagi mengemban panggilannya dalam gereja perdana. Apakah Saudara mengasihi Yesus?

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Yohanes dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s