Amsal 16:20-24 Komunikasi yang berhasil

Kitab Amsal banyak berbicara tentang bagaimana berhasil. Dalam aa.21, 22 & 24 hasilnya menyangkut komunikasi. A.21 dan a.23 mirip dengan pesan tentang orang atau hati yang bijak / berhikmat. Orang yang demikian dapat berpengaruh pada sesama karena hikmatnya nampak sehingga usulannya meyakinkan. A.21 dan a.24 mirip dengan usulannya untuk berbicara manis. Bukan hanya isinya tetapi caranya juga turut berperan dalam hasil komunikasi.

Nasihat itu tidak sulit ditangkap, tetapi lebih sulit diterapkan di tengah kesibukan hidup. Tetapi ada motivasi langsung jika hasilnya dicermati. Dengan cakupan lebih luas daripada komunikasi saja, a.22 menunjukkan bahwa kebodohan adalah ganjarannya sendiri. Sebaliknya, akal budi membawa hidup. Jika contoh masing-masing dari lingkungan kita dipikirkan, jelas bahwa kita mau seperti orang bijak.

Saya duga bahwa seringkali emosi adalah salah satu sumber pokok kebodohan. Daripada berpikir dulu kita langsung bereaksi. Hal itu disampaikan dalam a.20 dengan terjemahan “Siapa yang memperhatikan perkara akan mendapat kebaikan”. (Kata Ibrani dabar dapat berarti perkataan seperti terjemahan LAI, tetapi juga hal atau perkara seperti sebagian terjemahan bahasa Inggris.) Memperhatikan perkara berarti bahwa kita tidak langsung percaya atas kesan pertama melainkan melihat baik-baik bagaimana seesungguhnya perkara itu. Jika kita percaya kepada Tuhan, maka kita akan dimampukan untuk melihat keadaan dengan lebih jernih lagi, yaitu dengan mata Tuhan yang mengerjakan kebaikan dalam segala hal.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Amsal dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s