1 Yoh 5:6-12 Kesaksian Allah tentang Yesus

Bahwa hidup setia kepada Allah dalam dunia ini adalah sulit tidak usah saya uraikan panjang lebar. 1 Yoh 5:4-5 menyampaikan janji bahwa yang dapat menang atas dunia (artinya hidup dalam kasih, 5:1-3) adalah orang yang beriman, yaitu percaya bahwa Yesus adalah Anak Allah. Yesus yang dimaksud adalah yang dibaptis Yohanes Pembaptis (“air”) dan kemudian disalibkan (“darah”, lihat catatan 1). Tetapi apakah dasar untuk iman itu?

Dalam aa.6-12 Yohanes berbicara tentang kesaksian. Yang percaya kepada Kristus dan menang atas dunia adalah yang menerima kesaksian Allah bahwa hidup kekal ada dalam Kristus (aa.9, 11). Kesaksian itu terdapat di dalam (hati atau batin) setiap orang yang percaya (a.10), karena Roh Kudus (a.6) sudah meyakinkannya tentang makna air dan darah Yesus (a.8), yaitu baptisan Yesus yang merujuk kepada identitas-Nya sebagai Anak Allah, dan kematian-Nya yang menjadi dasar persekutuan kita dengan Allah. Mungkin Yohanes juga memikirkan baptisan dan perjamuan kudus yang menjadi peringatan kita sekarang akan kedua kejadian itu. Pada hari kebangkitan Yesus mungkin juga tidak salah menyebutkan bahwa tema kesaksian Allah itu menyiratkan kebangkitan Yesus sebagai pembenaran Yesus, walaupun tersirat saja.

Penerimaan kesaksian itu dalam hati orang bukan sekadar usulan dari Yohanes, karena dia menegaskan adanya dua kemungkinan saja: menerima kesaskian itu sehingga memiliki Anak dan hidup, atau menolak kesaksian Allah sehingga tidak memiliki Anak ataupun hidup. Menerima kesaksian itu berarti memahami bahwa Yesus itu riil, lebih riil daripada perselisihan dengan tetangga atau kebutuhan mencari nafkah. Sehingga percaya kepada Kristus bukan sekadar pengakuan otak atau mulut, tetapi arah seluruh hidup. Yohanes menulis supaya kita menerima kesaksian itu (a.13) dan menikmati hidup bersama dengan Allah.

Catatan:

  1. Dalam a.6 “Dia yang telah datang dengan air dan darah”, makna air dan darah banyak diperdebatkan. Selain 5:6, 8 darah hanya disebutkan dalam 1 Yoh 1:7 dan merujuk ke kematian Yesus. Air tidak disebut dalam kitab 1 Yohanes di luar 5:6, 8. Tempat berikut untuk dicarikan ialah Injil Yohanes, karena penulisnya sama atau dari kalangan yang sama (terkait dengan rasul Yohanes). Dalam Injil Yohanes, kesaksian dan air dikaitkan pada Yoh 19:34-35 yang menceritakan keluarnya darah dan air sebagaimana disaksikan seorang saksi. Banyak penafsir dari abad-abad pertama gereja yang menafsir 1 Yoh 5:6, 8 demikian, walaupun urutan darah dan air terbalik. Tempat yang lain ialah baptisan Yesus pada Yoh 1:29-34. Bagian ini lebih kuat karena ada Roh Kudus turun (1:32, bnd. 1 Yoh 5:6-8) dan juga kesaksian Yohanes (Pembaptis) bahwa Yesus adalah Anak Allah (1:34), seperti dalam 1 Yoh 5:5. Dengan demikian, air merujuk ke awal pelayanan Yesus, ketika Dia dinyatakan Anak Allah, dan juga akhir pelayanan-Nya, ketika Dia menjadi pendamaian bagi kita. Tekanan bahwa bukan hanya air tetapi air dan darah mungkin untuk menegaskan kemanusiaan Yesus di hadapan ajaran sesat yang menyangkalinya.
  2. Bagian dalam tanda kurung persegi (“di dalam sorga: … di bumi”) tidak asli, dan tidak dimuat dalam tafsiran modern seperti NIV dan NRSV. Bagian itu tidak terdapat dalam naskah bahasa Yunani sebelum abad ke-16, dan juga tidak terdapat dalam semua terjemahan kuno. Lebih lagi, dalam kontroversi tentang doktrin tritunggal pada abad ke-2 dan ke-3, bagian ini tidak pernah dipakai, walaupun akan sangat relevan! Bagian ini pertama muncul dalam naskah bahasa Latin pada abad ke-4, dan diduga bahwa ada tafsiran tentang tritunggal ditulis di pinggir halaman, yang dianggap sebagai koreksi ketika naskah itu disalin. Mengingat bahwa bagian ini tidak dipakai dalam perdebatan tentang tritunggal, jelas bahwa doktrin tritunggal tidak bergantung padanya.
Pos ini dipublikasikan di 1 Yohanes dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s