Ayub 1:1-5 Kesalehan yang sejati

Tentu, perikop ini adalah pendahuluan bagi kisah Ayub, yang mulai berjalan pada a.6. Aa.1-3 memaparkan salah satu pokok inti dalam kisah ini, yaitu hubungan antara kebenaran (a.1, gambaran yang jelas dan padat mengenal bagaimana manusia yang benar) dan kesejahteraan (aa.2-3). Kebenaran Ayub sangat mencolok. Kata saleh menerjemahkan kata yang berarti sempurna. Jadi, ditekankan bahwa tidak ada alasan di dalam Ayub untuk dia dihukum. Namun, dia justru menderita dengan dahsyat dalam pp.1-2 ini, sehingga hubungan antara kebenaran dan kesejahteraan itu diputuskan dengan keras.

Aa.4-5 berfokus pada anak-anaknya, yang akan menjadi puncak kerugian Ayub dalam p.1 (aa.18-19). Jadi, sebagai perincian dari maksud di atas, kita melihat bahwa pengurbanan pun tidak menjamin keamanan orang-orang yang kita cintai.

Banyak kesalehan, dalam agama apapun termasuk kekristenan, merupakan usaha untuk menjamin kesejahteraan atau keamanan. Dengan demikian Allah menjadi alat (lihat aa.9-11), dihormati hanya karena kuasa-Nya. Dalam PB jaminan akan kesejahteraan ditunda sampai datangnya langit dan bumi yang baru (Rom 8:17). Jadi, pelajaran Ayub menjadi penting. Allah bukan sarana untuk kesejahteraan kita melainkan pokok dalam kehidupan kita.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Ayub dan tag , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Ayub 1:1-5 Kesalehan yang sejati

  1. Abi Tandiseru berkata:

    ini pelajaran penting bagiku. Allah bukan sarana untuk kesejahteraan melainkan Pokok yang penting dalam hidup. bagian ini mengarahkanku untuk mengevaluasi relasi bersama dengan Allah. adakah waktu teduh dan jam doa dilaksanakan karena mengingat Allah adalah pohon kehidupan satu-satunya or karena meyakini bahwa dengan melakukan itu kehidupan akan berubah menjadi sejahtera??? kan kadang Tuhan di jadikan pa’palindaran :)
    thanks Ambe’ untuk uraiannya… :)

  2. Daniel Rori berkata:

    ternyata kehandalan ayub bukan pada soal daftar kekayaan dan daftar anak, melainkan pada komitmennya menjadikan rumah sebagai pusat ibadah dan pusat pendidikan iman bagi anak-anaknya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s