Yesaya 33 Politik Kerajaan Allah

Yesaya 33 menyangkut harapan bahwa keadaan Sion yang masih dikuasai perusak dan penggarong akan dipulihkan (a.1, bnd. Yes 1:21-26). Hal itu akan merupakan hukuman bagi yang jahat, sekaligus keselamatan bagi umat Tuhan yang tertindas (“ya, selamatkan kami”), sehingga nabi berdoa kepada Tuhan untuk hal itu (a.2). Dia bernubuat bahwa hal itu akan terjadi, karena “Tuhan tinggi luhur” (aa.5-6), sampai Sion sudah pulih bukan hanya dari penindasan tetapi juga dari dosa dan penyakit (a.24).

Jadi, pasal ini menyangkut harapan eskatalogis (= hal-hal terakhir), yaitu bagaimana Allah akan mengakhiri zaman ini dengan mengintervensi dalam dunia untuk menghukum dan menyelamatkan. Dalam konteks itu, ekonomi dan keamanan, dua fungsi politik yang terutama, berjalan beda dari yang biasa. Dalam a.6, “kekayaan yang menyelamatkan ialah hikmat dan pengetahuan”, dan “harta benda Sion”, yaitu kota umat Tuhan, ialah “takut akan Tuhan”. Setelah Tuhan bangkit untuk bertindak (aa.7-13), “orang-orang yang berdosa terkejut” (a.14). Harta benda mereka tidak berguna menghadapi hukuman Allah. Jadi, dalam aa.15-16 orang yang aman adalah “orang yang hidup dalam kebenaran dsb”. Dia aman seperti orang yang tinggal di benteng di tempat yang tinggi (a.16). Setelah hukuman itu, Tuhan sendiri akan puas karena tidak lagi menghadapi bangsa yang biadab (a.19).

Jadi, kekayaan yang kita kejar tergantung pada politik apa yang kita percayai. Apakah politik Indonesia yang paling nyata, yang di dalamnya korupsi dan kepentingan kalangan sendiri dianggap yang paling masuk akal? Atau, apakah Kristus telah bangkit dan akan datang kembali, sehingga politik Kerajaan Allah yang paling nyata, yang di dalamnya kebenaran dan kejujuran yang paling masuk akal? Aa.21-22 mengatakan bahwa Tuhan mulia, Hakim kita dan Raja kita. Keamanan siapa yang akan kita andalkan, dunia atau Allah?

Pos ini dipublikasikan di Yesaya dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s