Kis 1:1-5 Diberdayakan oleh Roh Kudus

Bagian akhir Lukas 24 tidak menyebut Roh Kudus, tetapi pada awal kitab Kisah Para Rasul Lukas mulai menyoroti peran Roh Kudus. Perintah-perintah Yesus yang disampaikan dalam Luk 24:44-49 ternyata disampaikan oleh Roh Kudus (a.2), termasuk bahwa dalam Luk 24:45 Yesus dapat membuka pikiran mereka. Kekuasaan dari tempat tinggi (Luk 24:49) dijelaskan sebagai baptisan dengan (atau dalam) Roh Kudus (a.5). Lukas 24 mengakhiri apa yang ditulis tentang karya dan ajaran Yesus sampai Dia terangkat, sebagaimana diringkas dalam aa.1-2. Tetapi a.1 sebenarnya mengatakan “mulai dikerjakan dan diajarkan”. Roh Kudus akan meneruskan misi Allah yang diemban oleh Yesus. Yesus telah menderita dan bangkit (a.3), dan Roh Kudus akan membaptis murid-murid-Nya untuk memberitakan karya keselamatan Allah itu.

Jadi, a.5 adalah fokus dalam perikop ini, karena mengantarkan satu tema penting dalam Kisah Para Rasul. Sama seperti Yesus dibaptis oleh Roh pada awal pelayanan-Nya, para murid juga akan dibaptis untuk tahap berikut. Baptisan dengan air adalah tanda pengampunan bagi orang yang bertobat, dan simbol itu tidak ditiadakan. Tetapi baptisan dengan Roh Kudus yang memampukan kita untuk menjadi alat-alat dalam misi Allah, menjadi saksi Kristus yang berani. Karena Paulus mengatakan bahwa semua milik Kristus memiliki Roh Kudus (Rom 8:9dst), penerapan dari a.5 ini bukan bahwa kita harus mencari pengalaman khusus sebagai bukti baptisan Roh, tetapi bahwa jika kita sudah bertobat maka kita memiliki kuasa yang diperlukan untuk menjadi alat misi Allah.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Kisah Para Rasul dan tag . Tandai permalink.

4 Balasan ke Kis 1:1-5 Diberdayakan oleh Roh Kudus

  1. abuchanan berkata:

    Yang saya pahami, setiap orang menerima Roh Kudus ketika dia percaya (Kis 2:38), walaupun bentuknya belum tentu sedramatis hari Pentakosta.

  2. alfi berkata:

    Apakah metode pembaptisan oleh Roh kudus masih berlaku bgi gereja pada umunya

  3. abuchanan berkata:

    Terima kasih. Betul, Yesus mengajar mereka tentang Kerajaan Allah sebagai persiapan untuk dipakai Roh Kudus. FT & RK erat, RK memampukan kita untuk mengerti FT, dan juga bekerja di dalam dan melalui kita dalam meresponsinya.

  4. ulina berkata:

    Jadi kita akan menerima kuasa kalau ROH KUDUS turun atas kita. ROH KUDUS akan turun pada kita kalau kita sudah bertobat terlebih dahulu. artinya menerima YESUS mengundang YESUS dalam hati kita. berarti membiarkan DIA jadi kendali dalam hidup kita, kalau tidak bagaimana mungkin ya ROH KUDUS bekerja kalau tidak ada penundukan diri pada FIRMAN TUHAN. Ketika ada penundukan diri pada FT baru RK dapat bekerja dan dampaknya ada kuasa melalui diri kita. Kira-kira begitu bukan maksudnya pak Andrew…. mohon tanggapannya ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s