Mrk 5:18-20 Memberitakan karya Yesus (22 Juli 2012)

Nas yang ditentukan minggu ini tidaklah sulit untuk dimengerti dan diterapkan secara sederhana, dan penguraian ini tidak akan menambah banyak bagi kesimpulan yang sederhana itu. Namun, yang sederhana itu tetap dalam, dan kedalaman itu dilihat dengan lebih jelas jika nas ini diuraikan dalam konteks pelayanan Yesus, dan juga misi Allah.

Penggalian Teks

Cerita Mk 5:1-20 merupakan cerita kedua dari tiga cerita yang menunjukkan kuasa Yesus. Cerita sebelumnya menunjukkan kuasa Yesus atas alam; cerita ini menunjukkan kuasa-Nya atas Iblis; cerita berikut memuat pemulihan penyakit yang menajiskan, dan kebangkitan anak yang telah mati. Semuanya adalah bentuk kekacauan yang akan diatasi dalam Kerajaan Allah, sehingga kuasa Yesus yang mendatangkan ketenangan, kewarasan dan pemulihan memperlihatkan Kerajaan Allah. Ketiga cerita itu melanjutkan cerita tentang perumpamaan karena semuanya terjadi di sekitar danau Galilea. Di dalam ketiganya, kita melihat berbagai respons terhadap pemberitaan Yesus. Dalam cerita kedua ini, kita juga melihat biji kecil (satu orang gila) yang bertumbuh menjadi tempat orang-orang non-Yahudi dapat menikmati berita tentang Yesus, seperti dalam perumpamaan Yesus di Mk 4:31-32 (bdk. Dan 4:12 di mana pohon dan burung-burung menyangkut kerajaan kafir, bukan orang Yahudi saja).

Perikop ini adalah adegan terakhir dari cerita itu. Cerita itu sudah menyampaikan kontras yang besar antara kondisi orang yang kerasukan itu dalam aa.2-5 dengan kondisinya yang pulih dalam a.15. Dalam a.18, orang yang terakhir dalam masyarakat itu menjadi yang terlebih dulu mau mengikuti Yesus. Ternyata, tugasnya lain dari keduabelas murid. Yesus hanya mau singgah di daerah itu, karena tugas pokok-Nya adalah untuk Israel (7:27), sedangkan daerah itu adalah daerah dengan lebih banyak orang non-Yahudi. Jadi, orang itu diutus kembali ke kampung halamannya. Hal itu bagian dari pemulihannya: dia akan bergaul kembali dengan orang-orang yang terhadapnya dia pernah sangat terasing.

Tugasnya adalah memberitahukan karya Tuhan (a.19). Jika Yesus memberitakan datangnya Kerajaan Allah, orang itu akan menceritakan peristiwa yang memperlihatkan Kerajaan Allah dalam skala kecil. Dia telah pindah dari ranah maut—hidup di pekuburan, terasing dari masyarakat, di bawah kuasa setan-setan—ke dalam ranah hidup. Di dalam diri orang itu, Yesus telah mengalahkan Iblis, dosa dan maut, seperti yang akan Dia lakukan bagi seluruh dunia dalam kematian dan kebangkitan-Nya. Karya itu diartikan sebagai “kasihan”, yang berarti pertolongan kepada orang yang tidak bisa menolong dirinya sendiri.

Jika Yesus berbicara tentang karya Allah, orang itu memberitakan Yesus (a.20). Melalui pemberitaannya, sikap masyarakat terhadap Yesus bisa berubah dari takut (a.15) menjadi heran.

Maksud bagi Pembaca

Respons yang cocok terhadap keselamatan ialah memberitakan karya Tuhan kepada orang lain, termasuk orang-orang yang belum mengenal Yesus, sumber keselamatan itu. Kebanyakan pembaca Injil Markus adalah orang non-Yahudi, seperti kita, dan cerita ini membuktikan bahwa kuasa Yesus tidak terbatas pada orang Yahudi, dan bahwa berita tentang Yesus bisa mengesankan bagi orang-orang non-Yahudi.

Makna

Pelayanan Yesus pertama-tama memperlihatkan Kerajaan Allah, bukan menunjukkan pola pelayanan para pengikut-Nya. Kalaupun gereja-gereja arus utama meremehkan kuasa-kuasa gaib karena rasionalisme zending-zending yang mendirikannya, aliran-aliran yang menyoroti hal-hal itu jelas tidak semapan Yesus dalam menyembuhkan, mengusir setan dsb. Dasar harapan kita selalu adalah karya Kristus yang hidup, mati dan bangkit, dan bukan sesuatu yang terjadi dalam kehidupan kita. Jika kita memberitakan Kristus, kita mau membawa orang untuk melihat Dia sebagaimana dipaparkan di dalam Alkitab, karena di situlah Dia menyatakan diri-Nya dengan jelas. Namun, pengalaman kita seringkali merupakan pintu masuk dan bukti pertama bagi orang-orang yang kepadanya Kristus mengutus kita. Kekacauan dalam kehidupan kita yang dengan nyata dipulihkan oleh Yesus menjadi contoh kecil akan berita Injil bahwa Allah sedang mempersatukan segala sesuatu di dalam Kristus sebagai kepala (Ef 1:10).

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Markus dan tag , . Tandai permalink.

6 Balasan ke Mrk 5:18-20 Memberitakan karya Yesus (22 Juli 2012)

  1. Melalui Perenungan dari Mrk. 5:18-20 ini mengingatkan Jemaat untuk senantiasa memberitakan kepada orang lain, segala sesuatu yang telah diperbuat Allah atas kehidupan pribadi Jemaat dan bagaimana Jemaat dan bagaimana Tuhan berkarya dan mengasihi Jemaat

  2. abuchanan berkata:

    Amin!

  3. yuli manda berkata:

    Allah bebas memakai siapa saja untuk mewujudkan kerajaanNya, namun pemulihan dan kesembuhan baik fisik maupun rohani mesti terjadi dlam hidup orang yang di pakaiNya.

  4. roby berkata:

    masih membingungkan bgi saya cerita Mrk 5:1-20, menurut pandangan bapak, mengapa Yesus tidak mengusir keluar saya para roh jahat itu tanpa masuk ke babi2 seperti yang dilakukanNya ketika dia dicobai di padang gurun hanya menyuruhnya pergi atau enyah krn apa yang dilakukan Yesus merugikan orang wktu itu? maksh

  5. abuchanan berkata:

    Saya tidak tahu. Ada dugaan bahwa yang rugi adalah orang kaya, dan kemungkinan besar kawanan itu bukan keseluruhan kekayaannya, tetapi itu dugaan saja. Fokus cerita ialah perubahan di dalam orangnya sendiri. Dari segi itu, kita melihat kacaunya setan-setan itu, dan hubungan mereka dengan ranah kenajisan dan maut, sehingga perubahan dalam orangnya menjadi begitu mengesankan.

  6. roby berkata:

    ada yang pernah memberikan pernyataan, perikop ini ada dua sisi yakni sisi positif dengan pemulihan seorang dari penderitaan karena penyakit namun pada sisi lain yakni sisi negatif, pemulihan itu dilakukan dengan mengorbankan “ekonomi rakyat” (babi sebagai binatang peliharaan).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s